Selasa, 10 Juni 2014

Makna Syariat Berqurban Bagi Umat Islam


Pengorbanan merupakan wujud kecintaan tertinggi seorang hamba kepada khaliknya, sebagaimana ditunjukan oleh hamba Allah yang setia yaitu nabi Ibrahim a.s.
Nabi Ibrahim sesungguhnya bukan berqurban domba tetapi yang beliau qurbankan adalah anak semata wayangnya, anak yang paling dicintainya, beliau rela menerima perintah Allah, begitupun istri dan anaknya rela menerima perintah Allah itu walaupun bertentangan dengan rasio dan perasaan umumnya manusia.

Dengan perintah Allah tersebut, Allah hendak menguji hambanya, siapa yang paling dicintainya, Allah atau selainnya. Walaupun kenyataannya, anaknya tidak jadi disembelih, karena diganti Allah dengan seekor gibas, dengan ujian berupa berqurban, Allah hendak mengetahui siapa hambanya yang terbaik.

Syariat qurban telah ada sejak zaman nabi Adam, saat dimana Qobil dan Habil bersengketa terhadap ketetapan Allah, penyelesaiannya adalah masing-masing diminta berqurban, jika qurbannya diterima, maka dialah yang benar, yang diterima adalah Habil, sedang Qobil ada dipihak yang salah..

Apa sebabnya qurban Qobil tidak diterima?
Sebabnya adalah Qobil memberikan yang terburuk, sedang Habil memberikan yang terbaik.
Kisah Habil dan Qobil ini berkaitan dengan pesan Allah berikut ini:
"Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya"
(QS Ali Imran 3:92)


Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang berkemampuan tapi tidak berqurban maka jangan dekat ke tempat solatku.." ini artinya rasul tidak menyukai orang yang kikir. Jika rasul tidak suka maka Allahpun tidak suka pada orang yang kikir.
Berqurban bukan untuk dilihat dan dipuji orang karena itu akan sia-sia amalnya dan berdosa..

Allah berfirman:
"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhoan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Alah menundukannya kepadamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayahNya kepada kamu. Dan berilah berita gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.
(QS AlHajj 22:37)

Sungguh berbahagialah orang yang berqurban dengan ikhlas karena Allah, karena dia akan dicintai Allah.
Kepercayaan dan ketaatan kepada Allah dan RasulNya dengan memenuhi seruannya untuk berqurban adalah ciri dari orang bertakwa. sebagaimana firman Allah:
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah solat karena Rabbmu dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yan membenci kamu dialah yang terputus.
(QS AlKautsar 108:1-3)

Untuk pemesanan hewan qurban (domba / sapi) tahun 2014   KOTA BANDUNG DAN SEKITARNYA, hubungi kami ke:   
0811 1526 629   (Call, SMS)
0853 2260 3780 (Call, SMS, WhatsApp)                                             
(pengiriman gratis sampai rumah ke alamat kota bandung, cimahi, padalarang, soreang, cibiru, cinunuk, lembang, rancaekek)  

atau pemesanan via email ke:
depothgofur@gmail.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar